solusi konyol ZAFIRA

IMG_1424

sebuah kendaraan UNIK dan LUCU,, ribet sih orang bilang,, tapi aku malah seneng tau clue dan sebagainya,, aku mau kupas satu satu solusi konyol yang pernah saya alami sama ZAFIRA ini,, canggih atau aneh dan tidak pada umumnya,, kadang kadang geleng geleng juga dengan solusinya,, yang awalnya ketakutan sendiri,, hehehe

  1. syncronise remote, pernah mengalami remote kunci ngga bisa respon ketika dipencetnya, bodohnya sampai alay getok getok remote. replace baterai baru karena mungkin sudah lemah.. padahal sebenarnya cuman butuh sinkronisasi atau pairing aja, caranya masukan kunci dan putar ke posisi ON lalu pencet remote sampai kunci tertutup atau terbuka, dan sinkronisasi selesai,
  2. zafira punya fitur automatic neutral pada transmisi otomatisnya,, mungkin hanya ini satu satunya didunia yang memiliki fitur ini, ketika berhenti total dan tuas transmisi dalam posisi D, injak rem. terasa transmisi otomatis menetralkan secara otomatis, sehingga bisa lebih menghemat konsumsi BBM atau komponen transmisi itu sendiri. ngga perlu dipindah ke Netral tapi lain halnya kalo pengen lepas pedal rem ya harus pindah netral. Kelainan transmisi mulai muncul ketika diinjak rem ZAFIRA tidak otomatis netral, artinya masih “tersendal” dan pernah transmisi kosong ketika hendak akselerasi, hadeh.. rusak niih,, puyeng juga.. sampai ganti oli matic masih tetap ngga solusi juga, pikirnya harus ganti seal matic yang konon harganya sekitar 2jutaan,, namun solusinya bodoh,, cuman ganti bohlam lampu stop belakang (tailgate), karena rupanya lampu stop itu kadang mati atau nyala.. solusi pun selesai,, (bodoh juga guman saya),

487327_10151310954818146_329299211_nsensor ABS rusak, munculnya lambang traksi dan ABS, berhenti dan restart, makin lama makin sering muncul.. bersihkan konektornya juga tidak banyak membantu, akhirnya bodoh aku biarkan, sebenarnya fungsi ABS bukan hanya ketika jalan basah, namun berfungsi di jalanan licin berpasir atau berlumpur, melewati jalanan yang buruk di lintas riau dengan lubang jebakan besar secara tiba tiba, akurasi pengereman dengan fitur ABS pada saat berhenti mendadak karena hendak menghantam lubang dijalanan berlumpur, ketika sensor itu rusak,, pengereman tidak akurat dan tergelincir hingga menabrak lubang,, kalau itu yang rusak mutlak diganti satu set dengan bearing yang mungkin sebijinya seharga 1,5jutaan (CMIIW), karena sepertinya sensor bagian roda depan yang sering rusak. akhirnya jadilah aku pemulung di komunitas ZAFIRA dan mendapatkan sensor yang masih bagus namun bearing sudah pecah. bongkar sensor dan SWAP,  lalu masalah selesai,, ixixixi, FYI:untuk mobil buatan jepang pun bearing dan sensor ABS juga seharga segituan,,

tiba tiba mobil jadi berat dan agak brebet di sertai dengan lambang CE dan TRAKSI menyala, PANIK sepanik paniknya, karena bisa jadi ECU rusak mendadak,,, berhenti dan restart masih tetap engga mau mati tuh indikator, tarikan jadi sangat berat. Namun sebenarnya itu adalah emergency mode, kita harus berhenti dan segera lakukan perbaikan. tapi bengkel masih jauh, akhirnya dipaksa jalan dengan mode emergency tersebut, sedikit dengan italian tune up artinya dipaksa gas sampe sengebut ngebutnya, dan restart kembali, indikator mati satu persatu hanya indikator emisi yang nyala, isi bensin oktan tinggi dan problem solve, ajaib semua indikator menjadi normal, ada beberapa kemungkinan terjadi kasus tersebut antara lain, kualitas bahan bakar buruk karena aku berikan minum premium yang kebetulan dapat kualitas buruk, atau tekanan pompa minyak lemah sehingga mempengaruhi campuran bahan bakar dan udara

AKI SOAK, battery drop, jangan coba coba keseringan start dengan battery yang lemah, karena komponen yang diserang pertama kali adalah POMPA MINYAK, bahkan bisa menyerang arus lemah ECU, atau komponen elektrikal lainnya. karena pengalaman aki soak setelah replacement battery hanya dalam hitungan hari pompa bensin mati sampe mogok panik,, masih untung arus lemah lainnya engga ikut konsleting, kalau udah soak ya ganti, maklum harga accu kelas mobil eropa cukup menggigit kantong pas pasan..

IMG00627-20121002-2009 Chip Imm

immobiliser,. rasa tenang memarkir zafira karena mobil gak bakalan hilang, mogok aja susah stater apalagi mau nyolong,, wkwkwk, hati hati klo buka remote kontrol, benda chip imobilizer seupil seperti pecahan potongan plastik itu bisa jatuh ke lantai disapu pembantu dan hilang. kalau TIDAK ada chip kecil yang nempel di dalam remote kunci itu, jangan harap zafira mau start engine, kalau hilang ya harus ke bengkel, beli kunci penggantinya, laporkan nomor mesin, sinkronisasi dan remap ulang dengan kode ECU, skitar 900rebuan,, karena itu mesin zafira tidak akan menyala tanpa IMO dengan kunci tiruannya.

yah begitulah kekonyolan zafira, tapi nikmat segudang fiturnya dan fun to drive nya yang sangat diluar ekspetasi sebuah kendaraan MPV, dengan fitur unggulannya :

  • 7 seater with 39 configuration,
  • 2nd row lounge seat,
  • dual aircon,
  • good visibility, depan aja dan samping walau masih ada blind spot
  • silent cabin, JEMPOL buat peredam kabinnya
  • 4 speaker blaupunkt dengan bodi pintu tebal dan ada peredamnya sehingga panel pintu tidak bergetar karena audio
  • steering wheel audio control
  • cruise control (inilah fitur yang diluar harapan saya tentang sebuah mobil, seperti joistick untuk throtle gas dan akselerasi ada dalam genggaman kemudi)
  • versatile di banyak area
  • banyak tempat menyimpan
  • apabila duduk dibangku depan tidak mungkin barang di kantong celana jatuh di bawah jog, karena ada kantong di samping kanan dan kiri untuk menangkap benda jatuh seperti koin, kunci atau hape
  • multi information display,
  • automatic level for ajustable front light
  • tilt steering maju mundur naik turun
  • setel ketinggian jok
  • dongkraknya keren gampang di operasikan
  • imobiliser (gak bakalan ilang)
  • pretension seat belt, (seatbelt ada suspensinya)
  • ABS EBD di keempat roda
  • dual SRS airbag, double side impact protector beam,
  • seat belt untuk semua 7 penumpang
  • 5 star euro NCAP
  • emisi EURO 3, sisa gas knalpotnya tidak bau karna ada konversi katalik nya
  • 4 speed automatic with sport mode (transmisinya gahar)
  • lampu kabin otomatis mati dengan timer 60 menit apabila lupa matikan lampu, aki ga bakalan tekor
  • smart power window, anti kejepit dan auto diseluruh jendelanya
  • glove box atau lacinya ada lampunya
  • intermitten wiper untuk wiper belakang
  • defogging kaca belakang dan spion

sekedar cerita aja nih,, ada sebuah zafira kecelakaan di puncak jabar, ditabrak oleh kijang innova yang hendak memaksa mendahului pada kecepatan tinggi, namun pada saat mendahului munculah kendaraan dari arah berlawanan, sehingga kijang langsung banting stir ke kiri dan menghantam zafira sehingga jatuh ke jalan dan terguling 3 putaran, bodi kijang inova ringsek, namun zafira yang terguling 3 x walau penyok penyok konstruksi bodinya tetap utuh, safety belt pretensioner menarik penumpang depan dengan kuat dan tidak menghentak seperti safety belt umumnya,, sehingga pada saat terguling penumpang tidak terlempar, http://www.youtube.com/watch?v=euliXrVbRbk ,,, kedua air bag meletus. setelah berhenti terguling, smart power window di keempat jendelanya terbuka otomatis sehingga 5 penumpang di dalam zafira dapat evakuasi, tidak ada korban pada kecelakaan ini. GOD bless untuk pengguna zafira yang diangerahi bodi kendaraan yang tebal dan kokoh, tapi mbenerin zafiranya abis sampe 30jetian,, karena dasbor pecah dan beberapa body repair,

sabuk pengaman pretension di volkswagen lebih canggih lagi, apabila kendaraan dalam kondisi kritis seperti kendaraan tergelincir, sabuk pengaman sudah otomatis menarik penumpangnya,, seperti yang nampak pada rekaman berikut ini,, http://www.youtube.com/watch?v=cwsGPSCkWbg&NR=1&feature=endscreen namun beruntunglah dalam zafira sudah dibekali dengan sistem ini,,

23 responses to “solusi konyol ZAFIRA

  1. Om Alam..klo lg nganggur tolong ceritain sedetailnya ttg apa itu opcom , gunanya, beda dgn tech2, cara pakai, harganya dan dimana belinya ya…..

    • duluu,, pengendalian normal dengan rute kombinasi (TOL dan MACET), 12km/liter,,, mmmmhhh,, setelah ganti kompresor AC,, wadaaw,, parah borosnya,, 9,5km/liter.. mungkin kompresor AC saya yang udah uzur tidak terlalu membebani mesin,, tapi kurang dingin ketika macet,, setelah ganti kompresor baru,, wadaaw kayak eskimo,, tapi konsekuensi konsumsi BBM yang membengkak

  2. Om Alam…
    Zafira saya CD Tahun 2001…
    Kalo kita oper ke ‘D’, kok kayaknya si perseneling ga ke gigi satu dulu ya… Beraaat banget… 😦
    Seperti langsung start di gigi 3…
    Boleh dong minta pencerahannya, kira2 apanya yaa…? :S

    • Indikator traksi sama engine error nyala ngga om? Klo iya nyala itu mode emergency.. artinya harus cepet ke bengkel dan check pake komputer.. they will show fault code… semoga hasil check up nya ringan2 aja.. saya sih pernah kejadian itu 2x.. tapi tidak seterusnya.. tidak berlangsung lama.. gara gara kedapetan premium jelek sama main semprot air di bagian enjin… heheheh.. anehnya sembuh dengan sendirinya

  3. Malam Om.
    Sy pengguna zapi 2002 manual, baru setaun
    tongkrongin zapi.. tapi kemarin ada masalah yg sangat menggaggu, Lampu chek enggine nyala, walaupun tdk ada keluhan dalam pemakain..tapi tadi tiba2 lampu akinya tiba2 nyala dan ac nya tdk dingin alias tdk ada hembusan.. Selama ini tdk ada keluhan dgn lampu indikator lainnya,,, Terima Kasih Petunjuknya ya Om..

    • Waduuuh si om.. saya bukan pakar om… cuman pemakai aja.. btw… kayaknya saya pernah mengalami om.. 2 tahun yg lalu, sewaktu perjalanan ke palembang.. pas bener di kota bandar lampung tiba tiba lampu indikator baterai nyala.. dan ac engga dingin.. rupanya saya longok ke mesin tali kipas atau fan beltnya udah rontok berkeping2.. disebabkan karena tensioner fan belt macet… tengah malam pulak.. dan akhirnya harus bermalam di bandar lampung.. setelah repair tensioner dan ganti fanbelt baru… kembali lancar sampai dengan sekarang

  4. Aku punya zafira udah setahun beli second problem persis yg di ceritakan tapi kalo mesin kadang nggak mau nyala kenapa yah mas
    Tiba tiba habis berhenti kemudian start lagi nggak mau nyala tolong infonya

  5. safira 2001, dari pondok gede sampe pekalongan mogok mungkin 4 kali tapi di start jalan lagi. dan memang sebelumnya tanda engine nyala kira kira apa ya gan?

    • Gambar kunci langsung nyala ya om?? Beberapa hari yang lalu.. transmisi ada sedikit error.. tiba tiba langsung berat tarikannya.. mode emergency nyala..
      Mungkin gara gara power steering elektrik itu om.. entah mau konslet atau mau error.. sehingga daya yg masuk jadi membebani mesin..
      Waduh waduh.. bisa jadi pwr steering matek motornya om..

  6. selamat malam om Alam, saya mau tanya tetang fiting lampu depan mobil zafira kira2 bisa beli dmn ya om, karna mati semua lampu jarak pendeknya, yang kanan bisa menyala tapi harus di goyang2 dulu kabel fitingnya baru bisa menyala, dan juga sekarang mesin sering bergetar apakah harus ganti dudukan chasisnya juga atau hanya ganti shockbreaker saja om?
    mohon infonya, terimakasih,.
    (Hans, Solo)

  7. Mas,mohon info dong…audio control di setir itu bawaan? Atw custom,soalnya udah liat Zafira 2001 sampai 2004 elegance ga nemu yg begituaan? thanks

  8. tiba tiba mobil jadi berat dan agak brebet di sertai dengan lambang CE dan TRAKSI menyala, PANIK sepanik paniknya, karena bisa jadi ECU rusak mendadak,,, berhenti dan restart masih tetap engga mau mati tuh indikator, tarikan jadi sangat berat. Namun sebenarnya itu adalah emergency mode, kita harus berhenti dan segera lakukan perbaikan. tapi bengkel masih jauh, akhirnya dipaksa jalan dengan mode emergency tersebut, sedikit dengan italian tune up artinya dipaksa gas sampe sengebut ngebutnya, dan restart kembali, indikator mati satu persatu hanya indikator emisi yang nyala, isi bensin oktan tinggi dan problem solve, ajaib semua indikator menjadi normal, ada beberapa kemungkinan terjadi kasus tersebut antara lain, kualitas bahan bakar buruk karena aku berikan minum premium yang kebetulan dapat kualitas buruk, atau tekanan pompa minyak lemah sehingga mempengaruhi campuran bahan bakar dan udara

    Bang berati kalo kaya gt solusi ganti bhn bakar aja?gkmungkin ke coil ato ecu?serius aman nih?zafira saya sdg problem gt bang
    nuhun.

    • Udh dicoba ganti oktan tinggi,, masih brebet kah? Harus cek komputer dulu tuh,,, soalnya banyak parameternya,, mungkin sensor Maf, sensor udara, sensor kenalpot, coil, atau busi mati satu, atau pompa minyak tekanannya kurang,, musti pake komputer biar jelas dan akurat om,, ga bisa ditebak-tebak gitu om,,

  9. makasih mas broe…atas pencerahannya, Alhamdulillah …solusi yang diberikan bermanfaat banget….
    saya masih ada lagi, indikator safty belt, nyala terus…mksh mas broe

Leave a comment