ZAFIRA 1.8 CD AT, MPV canggih selama ini

thanks Hyundai GETZ, saya salut dengan kerja kerasmu, sebagai mobil ekonomis yang handal, sebenarnya gue masih sayang, cuman gara gara sudah tidak mampu mengakomodasi kapasitas angkutku, baiklaah, waktunya dikau istirahat dari siksaanku,, huhuhuhuh ngga relaa dooow

ZAFIRA eyes, begitulah ceritaku, kendaraan multi purpose yang sudah kuidam idamkan sejak di bangku SMA, selalu setiap ada zafira yang melintas atau lagi parkiir pasti langsung kudekati bahkan ngintip ngintip interiornya (katrok),

yang menjadi pertanyaan kok kursinya cuma 5 penumpang ya? Iseng iseng iseng,, buka sana sini, ternyata lipatan kursinya ada di bawah karpet belakang, sangat rapih dan tersembunyi. Bagi yang ngga tahu pasti mengira hanya berkapasitas 5 penumpang saja, dengan sistem lipat yang unik FLEXi 7 semakin membius keinginanku untuk memilikinya. Dan ketika browsing harga cukuplah menggembirakan, harga secondnya sangat menggiurkan, harganya yang murah dengan fitur fitur termapan dan canggih dengan standar eropa, hahahahha,,sssssssssssttttt,

awalnya yang kutahu zafira berasal dari amerika namun ternyata adalah prototipe jerman GM, kenyamanan eropanya sungguh tidak diragukan (katanya), tapi bensin yang boros apalagi membaca cerita harga perawatannya sungguh mengerikan, tapi ya sudahlah, STOOP!! tetap saja aku tak mampu membelinya, gaji juga cuman berapa ini,,,hiks..

Suatu hari cabut kantor rame rame dengan juragan, adanya sih cuman citikar mungiL bermuatan 4 penumpang, ngebawa stik golf dengan 4 penumpang,, huuuh terasa sumpeek, penumpang pada ngomel dengan nada “kenapa sih loo kaga ganti mobil yang lebih gedeaaan”, ngobrol ngobrol ngobrol, sebenarnya sih gue pengen itu loooh paak (sambil menunjuk seekor zafira yang melintas di kawasan rancamaya),, basicly memilihnya karena 7seater dan bukan karena kenyamanannya ataupun made in eropa yang canggih, tapi karena kapasitas angkutnya yang kompak,

tak lama langsung menuju ke rumah sodara yang berniat melego kendaraannya di kota bogor, dengan alesan butuh dana untuk beli tanah, dan kandidat yang akan dijual tahunnya yang paling muda 2004, barang mulus kinclong seger dan terawat, lalu ngga pake lama sang juragan langsung ngebayarin DP nyaa,, wadoooooooh,, ini namanya gue kepaksa ngejual yang lama dengan segera,,


>>> skip skip skip,,,
Akhirnya aku merasakan sensasi mobil eropa, yang secara TIDAK sengaja aku membelinya, bau jermannya terasa bangeet di cium, tarikan matic yang enteng dan ngga bohong doo,, klo di injek gas ya langsung melonjak,, di pacu sampai kecepatan 180kpj aja masih anteng adem ayem, walau suara ban agak kasar namun bantingan suspensi tetep empuk, handling yang sangat sempurna bahkan ngalahin kenikmatan handling sedan, belokan kasar juga ngga ngebuang, apalagi dilengkapi ABS di empat rodanya,, hahahah,, mau jalan tol basah hujan deres sama sekali ngga ada ketakutan kalo tergelincir,, sampai di rumah selalu aku pamer pamer ke temen temen bagaimana kursi baris ketiga belakang di lipat dan di sembunyikan,, (alay deeh)

Mesin yang halus responsive, pokoknya standar eropa yang ngga tertandingi, suara bising dari luar kabin sangat teredam dan sesunyi ala BMW, dengan speaker aslinya blaupunkt mengalunkan music CD dengan jernih walau dengan suara rendah, ACnya dingin double blower dengan kisi kisi lengkap sampe buat kaki di bari ketiga, semua fiturnya aku pencet pencet demi memuaskan hasrat penasaranku dengan kecanggihan eropa, switch power window auto di semua jendelanya. Untuk menutup jendela kalau ada yang lupa nutup jendela, powerwindow bisa di operasikan dari lubang kunci kabin luar, sampe belok kiri pun keliru menyalakan wiper, maklum mobil jerman rata rata switch lampu belok ada di sebelah kiri,, bentuk desainnya ngga ketinggalan jaman, tampilannya keren kemana mana,, ngga umum umuum,, hampir mirip kayak mercedes dan masih mencerminkan kendaraan mewah (kalo mengkilap)

Setelah menikmati kenyamanannya barulah aku mikir maintenance yang mahaal itu,, hidiiiih, bawa mobilnya ati ati bangeet takut klo rusak,, huhuhu,, katanya standar eropa itu awet dan tahan banting// tetep aja aku merinding,, nah begini nih pengalaman awalnya. Karena aku tidak mampu minumin pertamax akhirnya kualitasnya aku turunin tanpa dicampur-campur, bensin premium pun akhirnya masa bodoh gue pake, walau sebenarnya itu ngga boleh. Dan tarikannya terjun bebas ngga sedahsyat pertamax walau masih tetep ngacir, tapi perbedaan konsumsi yang drastic, (klo pertamax 1:12km kombinasi) nah klo premium Cuma dapet 1:8,6km,, huaaaahahaha,, apalagi setelah menurunkan kualitas oli yang tadinya full synthetic jadi yang semi sintetis, konsumsi bensin jadi lebih parah 1:7.4km,, BOROS bangeet deh..
Mulai muncul suara klutuk klutuk, yang ternyata tensionernya udah harus ganti (1,2jt hanya untuk tensioner yang bentuknya ngga mahal blaas), cancel daah, ngga terlalu mengganggu ini, langsung aplikasi asuransi aja aaah, takut klo nabrak, daaan sehari setelah apply insurance spion di sambar truk (untunglaah di cover insurance) satu glondong spionnya harganya 3juta an,, (omaaak ngeriiiiiii!!)

IMG00361-20110622-1343

kesamber truk,,,

Sampe semarang muter muter, pulang Jakarta lewat tol bakrie, aku bejek sampe habis, pokoknya sengebut-ngebutnya di jalan tol beton itu dengan kecepatan 160kpj, mobil pun masih anteng dan stabil, setelah tol itu dilewati mesin jadi kasar dan aneeh, ternyata engine mounting kanan pecah, ganti satu glondong ngga terlalu mahal cuman 550ribu termasuk pasang,, hmmmm
Rem bunyi bunyi, kampas remnya masih tebeel, namun karena pemilik lama jarang pake akhirnya pad itu mengeras dan menggerus cakramnya, dan ganti kampas rem depan juga masih terjangkau, imitasinya di tebus dengan harga 350rb, sekarang di pake so far so good aja,, masalah paling parno ama si ZAFIRA ini ada di ECU dan POWER STEERING, konon ini komponen termahal dan rentan rusak (klo ngga bener make nya), namun sekarang harga sparepartnya ngga semahal itu deeh..
Dahulu kata bengkel SBM, ECU dulu harganya sampe 12jutaan sekarang harganya di tebus 5-6 jutaan, power steering elektrik dulu sampe 16jutaan sekarang klo rusak juga Cuma 4 jutaan udah dapet baru (tetep aja mahaaal gobloook)
Tapi namanya di Jakarta, yang terjangkau sana sini juga tetep ada, bahkan club ZAFIRA di Indonesia pun hidup, mereka rajin kopdar dan gathering touring, info info buat ngerawat si mobil pun saling berbagi. Artinya ketakutan akan mahalnya maintenance mobil keren dan nyaman itu agak terantisipasi, dan bengkel rekanan untuk OPEL dan GM pun banyak bertebaran di Jakarta. Mereka sangat loyal dan care sama customernya, karna mereka tau klo customer macam aku duitnya cekak.

Cukup membanggakan, bahwa GM ZAFIRA juga di bangga banggakan di Negara sono, seperti di brasil (Chevrolet), inggris (Vauxhall), Jerman (opel), jepang (Subaru traviq), Australia (HOLDEN), ZAFIRA di rivalkan dengan VW touran dan Mazda MPV, di lihat dari metode iklannya di youtube sangat memamerkan kendaraan keluarga yang nyaman (walau aku masih single),, :p

hahahhaha,,, demikian neeh sharing pengalaman gue tentang zafira (alay yaah?),, agan agan yang ngebaca klo ada info info penting tentang ZAFIRA gue di kabarin yaaah,,

63 responses to “ZAFIRA 1.8 CD AT, MPV canggih selama ini

  1. maaf….tapi foto wanita dan zafiranya pas…..tapi sing lanang kok kaya sopir ikut2an nampang…..:D….thanks buat infonya, bro……

      • mas mo tanya beli lampu belakang Zafira dimana ya, saya tinggal di Yogyakarta. Terima kasih attnya

      • beli lampu pecah kah gitu om??? coba aja kontak AAC motor bekasi, Mentari motor jakarta, atau zero motor jogja,, nomor teleponnya semuanya aku ngga pantau om,, hehehe,, selamat mencari,, btw,, lampu saya bolong pecah kesenggol motor,, saya tambalin cuman biaya 100ribu rapi kembali,,

    • halo om Erik,,
      hahhahaha,,, ndak giloo doo,, nan gilo ko urangyo see,, bilo baliak?? ndak obe bilo nyoo,,

      yoo,, botual tuu,, foto masa mini turing patang ha,,,

  2. salam dari sesama penunggang sapi, mas alam.
    kalau nasib sapiku lebih beruntung mas, selalu tak kasih shell super extra.
    dan ternyata tetap lebih hemat biaya bbmnya dari avanza punya tetangga sebelah loh. maklum deh, tuh sapi cuma keluar kandang seminggu sekali… hehehehe

    • hheheheh,, iya emang duluu,, soalnya di sini pertamax udah tembus di angka 12ribu yang beda harga sama jakarta,, ooh,, btw,, sapinya udah sampe hampir negeri sembilan looh,, bulan depan kayaknya mau travel ke sabang,, xixixi

  3. Saya di Jogja punya zafira 2001, kok tapenya mendadak tidak bisa dibunyiin, tertulis CODE kalau di On. jadi selama ini ya tapenya nganggur. Tahu nggak cara ngidupinnya ya? makasih infonya, ditunggu.

    • waduuuh,,, ga ngerti om,, audio saya udah diganti yang lebiih realible untuk hari gini,, hehhehe,, kayaknya kode itu diberikan bareng sama kartu pemilik gitu kayaknya,,,

      • Om, code artinya minta dimasukkan code pin, bisa dilihat di kartu pemilik, atau kadang ditulis di buku pemilik atau buku service, jika tidak ada bisa diminta di dealer resmi chevrolet dengan memasukan vin number ke data base mereka..
        kalaupun tape diganti, tetap harus di posisi tape lama om…itu bisa dibuka kok..

      • Mas Alam, mengenai radio tape di Zafira saya, masih tetap belum kebuka kodenya. Kalau persoalan gambar catalytic converter emang harus minum pertamax atau minimal campur premium, nanti akan hilang gambarnya. Kalau soal code, mungkin memang harus ke dealer ya, karena saya beli udah tidak ada buku petunjuknya. Nah karena Zafira udah dibeli orang, saya masih pengin bantu buka codenya, mungkinya ke dealernya ya? Anyway makasih bantuannya dulu.
        P. Charom jogja

  4. Tanya Mas.
    1. Gambar catalytic converter atau mesin? nyala terus. Sudah diisi pertamax masih nyala. apa mungkin oli harus ganti ya? karena oli kok sudah item, meskipun km belum harus ganti oli. apa oli harus ganti synthetik asllli ya?
    2. Terkadang tanda fan dan radiator nyala. Kadang tanda mobil selip. Tapi sy hafal, setelah mesin dimatiin kemudian dinyalain lagi, tanda tsb hilang dan seterusnya ok. apa ini berarti ada masalah di fan dan radiator kontrol traksi atau hanya gangguan di komputernya ya?
    Mohon pencerahannya. Maturnnuwun.
    p. Charom

    • itu ngga bisa gambaran tebak tebak om,,, salah satunya ya di cek pake komputer di bengkel jadi miss mallfunction itu bisa dideteksi lebih akurat,, karena diciptakan sedemikian rupa supaya pengecekan itu mudah,, hehehehe,, kayaknya siih,,,

      • Permisi numpang grubyuk… Baru pegang Zafira 2001 dan iseng salonin sendiri dan pengen tau soal Zafira. Ternyata Zafira mendukung check kondisi dengan OBD II. Kebetulan saya pakai check Vios dulu. Koneksi colokan sama. Hanya saja waktu pairing bluetooth aku lupa passwordnya dah gak standard dan lupa. Jadi ya nunggu order OBD II lagi. Lumayan bisa buat check kondisi dan karakteristik mesin jadi bisa dibuat diskusi obrolan dengan mekanik saat ngebengkel…

      • aseeeeek,,, artinya dengan OBD,, arah perbaikan elektrikal lebih jitu,, sebenarnya di permudah,, mungkin perasaan saya aja yang merasa itu ribet,,

      • Saya pernah lihat head unit yang bisa berfungsi sebagai OBD II (single DIN dengan LCD yang keluar masuk). Apa ada yang jual seperti itu di Indonesia?

  5. Bagaimana pengalaman pengguna zafira di bali? Ada yang bisa sharing? Saya rencana mau ambil ZAfira second.

      • Salah satu zafira dengan kaca transparan itu sudah saya angon om. Masih adaptasi dengan hal2 baru. Edisi 2001. Engine masih OK. Kaki2 yg perlu peremajaan. Interior masih lumayan, setir aja yang udah ga karuan wajahnya (nunggu airbag cover dari eBay lama juga…). Front wing arch liner splashguard kiri juga hilang. Windshield washer tank juga bocor…huhu. Jadi curhat… PR yang harus dikerjakan satu persatu.
        BTW saya juga sudah sempat komunikasi via email dengan beberapa punggawa ZIC (milis Zafira Indonesia) dan sambutannya sangat baik. Terima kasih.

      • Ngga perlu lama.. langsung heboh di milis.. sebutkan lokasi dan sebagainya.. niscaya yg sering muncul di milis.. pasti membantu dengan baik.. enjoy the smart community, enjoy fun at those comunity as well..

  6. mau numpang tanya mas, ada nggak ya yang tahu lokasi bengkel yang biasa nanganin zafira yang lokasinya di daerah seputaran nusa dua dan denpasar bali?

    • Bisa coba ke Dewa Motor di Ubung Kaja (jalan Saridana I No.17. Tel. 08123809485. antriannya agak banyak Om Bagas. Ada di Tukad Batanghari juga sy lupa gang-nya. Nanti sy info lagi. Yang jelas sih BeRes Prima Auto World – Gatsu siap nangani juga. Kalau booking untuk service dapat diskon 5%.

  7. Para zafira lover.. Saya pengguna zafira cd 2004 manual juga di medan. Saya minta tolong info ecu mobil saya rusak mao dicari kemana ya selain di gm. Thanks

    • Dulu saya dapat info di SBM cakung pak,, coba check di mentari motor buncit raya,, atau udah check di internet, pesan dari inggris maksutnya

      • Tq alam, saya udah indent ama gm dengan harga 8jtan disc 5persen, lain program 1,2jt disc 10persen.. Lalu udah 3 ari ini saya di bengkel GM karena udah di program hidup mesin dan bisa jalan, kendalanya indikator sps tidak mao mati, dan ac kompresor tidak fungsi yg keluar cuma angin aja, sebelon ecu rusak ac diingin bener. Lalu saya ada rekan kenal di dunia maya juga namanya riyanto yg berada di jkt dgn nama bengkel detroit autowork specialist zafira. Kata bang riyanto ini masalah nya hanya di program yg masih ada yg blom terkonfigurasi maka ac blom berfungsi dan indikator sps tetap hidup.

  8. Pagi gan, zafira di jkt ada komunitas nya . Adakah teman di jkt punya teman di medan untuk membentuk komunitas juga?, soalnya aye punya juga tunggangan 1.8 cd black 1 ini . Thanks

Leave a comment